Upaya Tingkatkan Pendidikan, Pemkab Kutim Siapkan Beasiswa Kutim Tuntas

Mulyono menjelaskan bahwa beasiswa yang diberikan oleh pusat yaitu melalui Program Indonesia Pintar (PIP) sedangkan Program Kaltim Tuntas untuk tingkat Provinsi dan ditingkat Kabupaten Kutim disebut Kutim Tuntas.
Mulyono menjelaskan bahwa beasiswa yang diberikan oleh pusat yaitu melalui Program Indonesia Pintar (PIP) sedangkan Program Kaltim Tuntas untuk tingkat Provinsi dan ditingkat Kabupaten Kutim disebut Kutim Tuntas.

Sangatta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) memberikan program beasiswa dalam upaya meningkatkan pendidikan dari segi kualitas maupun kuantitas masyarakat yang ada di Wilayah Kutim.

“Beasiswa memiliki konsep berjenjang mulai dari tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten,” ucapnya Kepala Disdikbud Kutim Mulyono saat ditemui media.

Lebih lanjut, Mulyono menjelaskan bahwa beasiswa yang diberikan oleh pusat yaitu melalui Program Indonesia Pintar (PIP) sedangkan Program Kaltim Tuntas untuk tingkat Provinsi dan ditingkat Kabupaten Kutim disebut Kutim Tuntas.

“Pengelolaan beasiswa di Kutim dibagi menjadi 2 yaitu beasiswa dari Disdikbud dan dari bagian Kesra Sekkab Kutim,” ungkap Mulyono.

Dijelaskannya, Beasiswa yang dikelola oleh Disdikbud sasarannya merupakan anak SD dan SMP, sedangkan beasiswa yang dikelola oleh Bagian Kesra Sekkab Kutim diperuntukkan anak SMA hingga perguruan tinggi.

Mulyono menyampaikan sasaran penerima manfaat beasiswa SD dan SMP ini merupakan anak-anak yang belum memiliki kemampuan dalam hal perekonomian untuk melanjutkan pendidikan dan siswa berprestasi. Mekanisme pengambilan data penerima beasiswa menjadi tanggung jawab pihak sekolah.

“Berdasarkan dapodik, pihak sekolah akan memilah siswa mana yang berhak menerima beasiswa ini, jadi tidak ada orang tua yang repot mengurus beasiswa, teknis dan pendaftaran semua melalui pihak sekolah,” pungkasnya.ADV

Writer: DimasEditor: Dila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!