Siaga Penanggulangan Karhutla, Pemkab Kutim Ajak Masyarakat Waspada dan Ikuti Bersinergi

Usai kegiatan Apel Kesiapan Personel dan Peralatan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang digelar oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kutim di Folder Jalan Ilham Maulana, Sangatta.
Usai kegiatan Apel Kesiapan Personel dan Peralatan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang digelar oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kutim di Folder Jalan Ilham Maulana, Sangatta.

Sangatta – Bupati Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman dalam hal ini diwakili oleh Asisten I Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat ( Pemkesra) Poniso Suryo Renggono memimpin kegiatan Apel Kesiapan Personel dan Peralatan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Rabu (31/5/2023).

Kegiatan ini digelar oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kutim di Folder Jalan Ilham Maulana, Sangatta dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan Karhutla sekaligus meningkatkan kewaspadaan desa untuk turut ikut mengurangi resiko bencana.

Dalam Sambutannya, Poniso mengajak pemerintah dan masyarakat untuk bersinergi dalam menghadapi ancaman karhutla karena beberapa desa terletak di daerah potensi karhutla. Bencana ini juga bisa terjadi secara tiba –tiba dimana saja dan ditempat-tempat yang tidak terjangkau.

“Para pemuda menjadi garda terdepan dalam penanggulangan Karhutla, oleh karena itu pemuda harus aktif dalam kegiatan sukarelawan dalam kegiatan sosial yang menunjang penanggulangan karhutla, seperti kegiatan penghijauan, penyediaan air bersih dan lain-lain,” ucapnya.

Tak hanya itu, Poniso menyatakan bahwa Pemerintah Daerah sepenuhnya mendukung terkait perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan sehingga penanggulangan ini dapat teratasi secara maksimal.

“Jika ada kekurangan perlengkapan dan peralatan, saya minta pihak BPBD kecamatan maupun kabupaten segera mengusulkan hal ini pada anggaran perubahan untuk persiapan 2024,” titahnya.

Selain dihadiri oleh Asisten I Pemkesra dan jajaran BPBD Kabupaten Kutim, Apel ini juga dihadiri oleh Kepala Kemenag Kutim Mulyadi Mugeni, Kepala Dinas Perkebunan Kutim Sumarjana serta peserta dari unsur TNI-Polri, Damkar, Satpol PP, RAPI, Senkom, PDAM, Tim SAR, Tagana, Manggala Agni, Tim Rescue Perusahaan, FKDM dan Perwakilan FKPD.ADV

Writer: DimasEditor: Dilla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!