Peluang Besar ASN Lokal Bergabung Dalam Struktur Pemerintahan Pusat IKN

Ihsan Bowo Asmoro, Kepala Bidang Administrasi Pembangunan Kabupaten Kutai Timur (Kutim) hadir dalam Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi dalam rangka persiapan pemindahan IKN.
Ihsan Bowo Asmoro, Kepala Bidang Administrasi Pembangunan Kabupaten Kutai Timur (Kutim) hadir dalam Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi dalam rangka persiapan pemindahan IKN.

Balikpapan – Perencanaan Pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Persiapan Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) menjadi sorotan dalam Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi yang diselenggarakan oleh Forum Koordinasi dan Sinkronisasi (FKS) di Blue Sky Hotel, Balikpapan, Selasa (30/5/2023).

Target pemerintah, total ASN yang akan dipindahkan ke Nusantara dalam rentang waktu 2024 – 2025 yaitu 100.023 orang, terdiri dari 956 orang pejabat negara, 3.264 orang sebagai jabatan pimpinan tinggi, dan 95.803 orang dengan jabatan fungsional.

Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dalam hal ini diwakili oleh Ihsan Bowo Asmoro,.ST,.MM, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Kabupaten Kutim menyampaikan bahwa ASN Kutim saat ini masih memiliki peluang untuk berada dalam jajaran ASN Pusat.

Ini merupakan peluang bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bisa berkarir dalam pemerintah pusat, adapun cara-caranya diantaranya: mengikuti proses seleksi atau lelang jabatan terbuka, mutasi jabatan dan magang.

“Yang saya ketahui ada beberapa ASN Kutim juga telah mengikuti proses ini melalu mekanisme lelang jabatan terbuka untuk mendaftar ke Pemerintah Pusat” tambahnya.

Namun dalam prosesnya, ASN kutim yang mengikuti seleksi jabatan untuk pemerintahan pusat ini diketahui belum ada yang lolos.

Sejalan dengan ini, Pemerintah Kabupaten Kutim terus mendorong peningkatan kompetensi individu ASN untuk memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) dari segi pengetahuan dan kemampuan.

“Sepulangnya saya dari pertemuan rapat koordinasi ini, saya akan langsung menyampaikan hasil dari pertemuan hari ini kepada bupati untuk dijadikan acuan dalam merancang program-program kedepan yang bisa disinkronkan dengan pemerintah pusat,” pungkasnya.ADV

Writer: Sekar AiniEditor: Dilah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!