Pelatihan Petugas Sensus Pertanian Digelar, Pemerintah Optimis Dapatkan Data Berkualitas Untuk Tingkatkan Pertanian

Asisten I Pemkesra Kesda, Poniso Suryo Renggono.
Asisten I Pemkesra Kesda, Poniso Suryo Renggono.

Sangatta – Sebanyak 79 orang peserta dari berbagai kecamatan mengikuti Pelatihan Petugas Sensus Pertanian gelombang II yang digelar oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) di Hotel Royal Victoria, Sangatta, Jumat (26/5/2023).

Kegiatan ini turut dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Pemkesra Sesda) Poniso Suryo Renggono, Kepala BPS Ahmad Junaidi, Sekretaris Diskominfo Rasyid, beberapa OPD dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Poniso menyampaikan bahwa pertanian merupakan sektor yang memiliki peran penting dan strategis bagi kehidupan masyarakat, termasuk dalam penyediaan lapangan pekerjaan.

“Data statistic dasar sektor pertanian secara lengkap dan menyeluruh perlu dikumpulkan melalui kegiatan sensus,”jelasnya.

Menurutnya, sektor pertanian memerlukan ketersediaan data yang akurat sehingga dapat digunakan sebagai acuan bagi pemerintah maupun stakeholder dalam merencanakan dan merumuskan kebijakan untuk pembangunan nasional.

Selain itu, Poniso meminta seluruh pemangku kepentingan di sektor pertanian untuk menyukseskan sensus yang akan dilaksanakan dari tangga 1 Juni sampai 31 Juli tahun 2023.

“Dalam 2 bulan, kita bisa mendapatkan data yang berkualitas untuk meningkatkan potensi sektor pertanian secara luas,” ucapnya.

Poniso menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat maupun perusahaan yang bergerak di sektor pertanian agar bersama-sama menyukseskan pelaksanaan sensus pertanian tahun 2023 dengan menerima dan memberikan data yang diperlukan melalui jawaban yang valid dan benar.

“Semoga pelatihan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses, sehingga semua petugas yang mengikuti pelatihan saat ini betul-betul memahami semua materi yang akan di sampaikan oleh instruktur,” tutupnya.ADV

Writer: Sekar AiniEditor: Dilah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!