Masyarakat Maksimalkan Call Center Gawat Darurat 112 , Mayoritas Laporkan Kriminal dan Kecelakaan

Ery Mulyadi, Kepada Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statisti (Diskominfo Perstik).
Ery Mulyadi, Kepada Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statisti (Diskominfo Perstik).

Sangatta – Program call center 112 Kabupaten Kutai Timur (Kutim) resmi lauching pada tahun 2021. Kabupaten Kutim merupakan kabupaten pertama di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang menerapkan call center terpadu gawat darurat 112.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfo Perstik), Ery Mulyadi menyampaikan bahwa Call Center 112 sampai saat ini masih beroperasi dan cukup dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menyampaikan informasi kedaruratan, Senin (22/5/2023).

“Mayoritas yang dilaporkan masyarakat akhir-akhir ini adalah laporan criminal, kecelakaan dan ada beberapa juga telpon iseng,” jelasnya.

Call Center Sendiri sudah cukup disosialisasikan oleh Pemerintah Kutim sehingga panggilan ini sudah dapat diakses oleh seluruh wilayah kecamatan yang ada.

“Kalau masyarakat berada diluar daerah Kutim, maka akan terhubung dan dihendel langsung oleh pemerintah setempat dimana dia berada,” Ucapnya.

Menurut Ery, adanya layanan ini memudahkan masyarakat sehingga tidak perlu lagi mengingat banyak nomor telepon untuk meminta bantuan saat darurat. Masyarakat yang membutuhkan penanganan cepat dan tepat cukup menekan 112 langsung dapat mengirimkan permintaan pertolongan, baik yang berkaitan dengan kecelakaan, bencana kebakaran dan situasi darurat lainnya.

Tim Layanan call center 112 Kutai Timur yang berpusat di kantor Dinas Kominfo Perstik Kabupatem Kutim ini telah dibekali penanganan laporan kegawatdaruratan. Untuk saat ini, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah terkoneksi dengan pusat layanan adalah Dinas Pemadam Kebakaran, BPBD, dan RSUD Kudungga Sangatta.ADV

Writer: Sekar AiniEditor: Dilah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!