Gelar Pelatihan Dasar Pemandu Wisata, Dispar Kutim Targetkan 2023 Capai Satu Juta Pengunjung

Pelatihan Dasar Pemandu Wisata Yang digelar Oleh DInas Pariwisata (Dispar) Kanupaten Kutai Timur (Kutim_.
Pelatihan Dasar Pemandu Wisata Yang digelar Oleh DInas Pariwisata (Dispar) Kanupaten Kutai Timur (Kutim_.

Sangatta – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar Pelatihan Dasar Pemandu Wisata yang dilaksanakan selama 3 hari sejak tanggal 22 – 24 Mei 2023 bertempat di Hotel Royal Victoria Sangatta dan dibuka secara resmi oleh Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman, Senin (22/5/2023).

Kepala Dispar, Nurullah menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang komando wisata. Tak hanya itu, peserta juga diharapkan bisa mengetahui tata cara dalam memandu wisata.

“Sebanyak 60 peserta disini berasal dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Komunitas, Guru, Pemandu Wisata dan Masyarakat Umum Hadir untuk mengikuti pelatihan ini,” ungkapnya.

Menurut Nurullah, kunjungan wisata menurun saat Covid 19, kemudian sedikit demi sedikit meningkat hingga 212 ribu pada tahun 2022.

“Kita Target di tahun 2023 ini bisa mencapai satu juta pengunjung,” ujarnya.

Selain itu, Kutim adalah penyangga wisata dalam mengusung adanya Ibu Kota Negara (IKN) yang dikenal dengan keindahannya, baik laut, alam juga budayanya yang luar biasa. Saat ini ada 230 destinasi wisata di Kabupaten Kutai Timur.

“Destinasi Wisata ini menjadi tanggung jawab kita semua. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan potensi peserta dalam memberikan informasi-informasi tentang destinasi wisata yang ada disini kepada wisatawan yang berkunjung di Kutim,” tutupnya.ADV

Writer: Sekar AiniEditor: Dilah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!