Bupati Kutim Sampaikan Sambutan Kemendikbudristek RI Pada Momen Hardiknas Tahun 2023

Bupati kutim Ardiansyah menjadi inspektur upacara pada hari pendidikan nasional tahun 2023 di halaman Kantor Bupati Kutim, Rabu (3/5/2023) pagi.
Bupati kutim Ardiansyah menjadi inspektur upacara pada hari pendidikan nasional tahun 2023 di halaman Kantor Bupati Kutim, Rabu (3/5/2023) pagi.

Sangatta – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur(Kutim) melaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023 di halaman Kantor Bupati Kutim, Rabu (3/5/2023) pagi.

Dalam sambutannya, Bupati Kabupaten Kutim Ardiansyah Sulaiman selaku Inspektur Upacara membacakan sambutan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim.

Ardiansyah menyampaikan bahwa anak-anak sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri.

“Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikan sekarang dapat menggunakan data asesment nasional di platform rapor pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan,” lanjutnya.

Tak hanya itu, saat ini para guru berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya Dengan hadirnya platform merdeka belajar. Kebebasan berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka tidak lagi mengikat guru-guru dengan peraturan yang kaku.

“Pada jenjang perguruan tinggi, adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas, sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus,” ucapnya.

Selain itu, pemanfaatan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan dipandang lebih fleksibel dan memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas belajar. Dengan adanya perluasan program beasiswa, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi saat ini lebih terbuka.

“Pendanaan yang fleksibel dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif para seniman dan pelaku budaya sehingga mampu menghasilkan karya-karya hebat yang mendukung kemajuan kebudayaan,” tambahnya.

Kendati demikian, Ardiansyah mengatakan momen Hardiknas tahun ini merupakan waktu yang tepat untuk merefleksikan kembali setiap tantangan dan langkah berani yang sudah kita ambil. Keberlangsungan dan kelanjutan merdeka belajar dapat dirancang dengan melakukan evaluasi sepanjang tiga tahun terakhir.

“Mari semarakkan semangat hardiknas untuk meneruskan perwujudan merdeka belajar mendidik belajar Pancasila yang cerdas berkarakter dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,” pesan Ardiansyah diakhir sambutannya.ADV

Writer: DimasEditor: Dila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!