Beri Kemudahan Membaca Dimana Saja, DPK Fasilitasi Mobil Perpustakaan

DPK Kaltim terus berupaya dalam meningkatkan minat baca pada anak-anak yang ada di daerah.
DPK Kaltim terus berupaya dalam meningkatkan minat baca pada anak-anak yang ada di daerah.

SAMARINDA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terus berupaya dalam meningkatkan minat baca pada anak-anak yang ada di daerah.

“Meningkatkan minat baca masyarakat Kaltim menjadi tujuan utama dari DPK Kaltim,” ujar Kepala Bidang Layanan Otomasi dan Kerjasama, Mustika Wati.

Tak hanya pengunjung yang menjadi perhatian dan fokus dari DPK Kaltim dalam peningkatan tersebut. Namun juga seluruh masyarakat dari berbagai macam latar belakang.

Untuk merealisasikan hal itu, DPK Kaltim melalui program perpustakaan keliling yang digerakkan melalui tiga unit mobil ini menyasar masyarakat secara langsung.

“Salah satunya warga binaan pada unit sosial seperti panti sosial hingga lembaga pemasyarakatan, dan ini menjadi harapan bagi siapapun untuk mengembangkan dirinya melalui buku,” ungkapnya.

Program ini juga telah lama bergerak, dan di 2023 ini berjalan kembali sejak Maret dengan setiap bulannya akan diperbaharui koleksi buku sebanyak 100 buku pada masing-masing lembaga.

Saat ini sistem perpustakaan keliling dengan metode drop book. DPK Kaltim akan menyalurkan buku yang akan diperbaharui koleksinya selepas satu bulan disalurkan.

Jenis koleksi buku yang akan disalurkan juga menyesuaikan dengan minat dan latar belakang masyarakat. Ia berharap masyarakat bisa tetap mengakses dan membaca buku dimanapun berada.

“Terdapat beberapa unit sosial yang memperoleh bantuan buku oleh DPK Kaltim pada bulan April,” ungkapnya.

Diantaranya:
1.Panti Sosial Perlindungan Anak Dharma Samarinda
2.Panti Sosial Asuhan Anak Harapan Samarinda
3.Panti Sosial Bina Remaja Samarinda
4.Rumah Tahanan Negara Samarinda
5.Lembaga Pemasyarakatan Samarinda
6.Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Samarinda

Editor: Dilah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!